Tuesday, September 2, 2008

Pak Wagiyo Selamat Jalan ke Dikpora Kab.Kendal




Boja, 1 September 2008

Simpang siur berita tentang pergantian kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kendal akhirnya jelas sudah. Jumat, 29 Agustus 2008. sejumlah kepala sekolah SMA di Kab.Kendal resmi dilantik. Beberapa kepala sekolah diberi kesempatan 1 kali periode menjabat di tempat yang sama. beberapa diantaranya berpindah tempat tugas atau rotasi, bahkan Mutasi. Beberapa diantaranya adalah pejabat yang baru.

Adalah Bapak. Drs. Wagiyo, M.Pd, yang telah menjabat selama 3 periode di SMA Negeri 1 Boja, sejak 2001 yang lalu, mendapat tugas baru sebagai Ka.PMPTK di Diknas Dikpora Kab. Kendal. Dengan sebutan akrab pak Wagiyo di kalangan siswa atau rekan di kalangan pendidikan, dari sebagai guru (BP) dan akhirnya sebagai Kepala Sekolah. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran beliau memang banyak membawa perubahan di SMA Negeri 1 Boja. Barangkali para siswa selalu akrab dengan moto sekolah ini, 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Simpatik, Santun). Inilah selalu beliau sampaikan diberbagai kesempatan. Selain itu tentunya selama menjabat di kampus SMA N 1 Boja ini , beliau banyak menggagas perubahan-perubahan fisik sekolah, meskipun dalam keadaan sesulit apapun. Sebut saja, Kantin Sekolah, Perpustakaan yang lebih presentatif sehingga berhasil menjadi perpustakaan terbaik di Kabupaten kendal. Gedung Seba Guna Sekolah, dan berbagai usaha penataan lingkungan sekolah, taman-taman, WC,UKS dll. Tentunya ini tidak mudah menciptakan dalam waktu yang relatif singkat. Kini perubahan fisik diakhir jabatan adalah membangun areal parkir dan panggung yang lebih baik. Barangkali jika pak Wagiyo masih diberikan waktu yang lebih lama lagi, akan lebih banyak perubahan-perubahan di lingkungan sekolah ini. Dan ini secara garis besar memang sudah digambarkan sebagai program penataan lingkungan sekolah untuk 10 tahun ke depan untuk kategori sekolah SBI (dari th 2001).

Beberapa hal lain, seperti di bidang akademik, SMAN 1 Boja beberapa kali ditunjuk pemerintah pusat sebagai pusat percontohan perubahan kurikulum. Itu sejak digulirkannya Kurikulum KBK (Kurikulum Berbasis kompentensi), lalu berubah menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Dan kini adalah sebagai percontohan bagi SKM (Sekolah Kategori Mandiri) yang akan digulirkan pemerintah th 2009 nanti. bahkan 17 sekolah di Jawa tengah telah datang untuk studi banding. Selanjutnya masih ada lagi, yakni sekolah berstandar internasional yang masih dalam proses pengkajian.

Selamat Jalan Pak Wagiyo ke jalan Dikpora. Semoga apa yang telah Pak Wagiyo goreskan di SMA Negeri 1 Boja akan selalu abadi. Dan tentunya... Selamat Bertugas... Selamat Berkarya...

Pertanyaannya adalah siapa yang akan meneruskan langkah-langkah pak Wagiyo ini ?

Adalah Ibu Dra. Anni...... Beliau adalah kepala sekolah yang berasal dari SMA Negeri 1 Weleri. Belum terlalu banyak informasi tentang beliau ini. Kononnya beliau adalah sosok yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup, disiplin tinggi dan komitmen dalam tugas. . Semoga saja apa yang beliau bangun selama ini di tempat lama dapat diteruskan di tempat ini. "Selamat Datang Bu..."

No comments: